Kategori
Umum

Yuk Ketahui Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online Mudah

Teknologi semakin canggih, kemudian dimanfaatkan berbagai hal untuk membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Salah satunya bisa dirasakan dengan adanya kemudahan pencairan dana BPJS khusus ketenagakerjaan. Sudah bisa dilakukan secara online, dianggap efektif dan lebih praktis karena tidak mengeluarkan tenaga dan waktu untuk mengantri. Agar tidak kebingungan, berikut cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan online.

Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online Mudah

Ketahui Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online
Ketahui Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online

Mengenal Apa Itu BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan, dibuat khusus untuk mengedepankan kepentingan serta hak normatif tenaga kerja masyarakat tanah air berupa perlindungan yang terdiri dari 4 program. Dimana empat program tersebut terdiri dari jaminan kecelakaan kerja (JKK), Jaminan hari tua (JHT), jaminan pemeliharaan kesehatan (JPK), serta Jaminan Kematian (JKM) yang akan diberikan kepada seluruh tenaga kerja beserta keluarganya.

Jaminan ini akan didanai langsung oleh peserta, yang hingga kini masih terbatas pada masyarakat pekerja sektor formal. Perusahaan ataupun badan usaha  akan diminta iuran per bulannya, yang akan menjadi saldo bagi karyawannya sendiri. Tentu saja saldo tersebut akan terus bertambah dan berkembang selagi waktu berjalan. Dari saldo itulah, nantinya peserta bisa mencairkan karena sudah menjadi haknya.

Jika dahulu anda perlu mendatangi kantor cabang terdekat untuk mencairkannya, kini bisa menggunakan cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan online. Hal ini sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi, yang kemudian diadaptasi oleh BPJS untuk meningkatkan pelayanan mereka. Dan benar saja, kemudahan tersebut disambut ceria oleh masyarakat karena dianggap lebih simpel dan efisien.

Namun perlu diketahui bila dari keempat program yang diikuti, hanya program jaminan hari tua saja yang bisa diklaim nantinya. Khusus untuk peserta yang masih aktif bekerja ataupun sedang mempersiapkan masa pensiunannya, diperkenankan untuk mengajukan klaim JHT mulai dari 10% hingga 30%. Sedangkan peserta yang tak lagi aktif bekerja dikarenakan kondisi tidak memungkinkan, pencairan dapat dilakukan 100%.

Prosedur klaim BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Sebelum menggunakannya secara online, pastikan terlebih dahulu anda sudah menginstal aplikasinya. Bagi anda yang belum memiliki akunnya, silahkan mendaftarkan pengguna lalu pilih klaim saldo JHT. Sedangkan bagi mereka yang sudah memiliki akun, bisa langsung masuk dan klik klaim saldo JHT. Kemudian anda akan diminta untuk mengisi kolom informasi, dimana pada kolom KPJ silahkan isi sesuaikan dengan nomer kartu BPJS.

Karena menggunakan cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan online, maka pastikan semua data terisi semua tanpa ada kesalahan lalu lanjutkan pada kolom keperluan yang bisa dipilih pengajuan klaim. Sesudahnya, anda akan dibawa ke laman dengan beberapa pilihan jenis klaim yang bisa dipilih salah satunya. Beberapa jenis klaim yang tersedia yaitu mengundurkan diri, mencapai usia pensiun, dan pemutusan hubungan kerja (PHK).

Ketika semua data sudah terisi, silahkan klik kirim dan tunggu hingga muncul laman baru. Untuk melengkapi persayatan, pada tahap selanjutnya akan muncul daftar dokumen yang dibutuhkan. Silahkan unggah semua dokumen yang diminta secara online, agar bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Disaat semua dokumen terkirimkan, silahkan tunggu hingga mendapatkan email konfirmasi langsung dari BPJS Ketenagakerjaan.

Email tersebut berisikan beberapa informasi mengenai tanggal dan kantor cabang yang harus dikunjungi, untuk bisa melanjutkan proses klaim yang diinginkan. Silahkan datang pada hari yang sudah ditentukan, dengan membawa semua dokumen yang diminta sebelumnya. Dokumen tersebut sangat penting untuk dibawa, pasalnya akan diserahkan untuk disesuaikan terlebih dahulu apakah sudah memenuhi syarat dan sesuai dengan dokumen sebelumnya.

Disaat semua data telah terisi, petugas akan memberikan informasi terkait waktu pencairan dananya. Cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan online juga berlaku  ketika menggunakan teknologi lainnya sepert laptop maupun PC, dimana peserta bisa mengaksesnya langsung di situs resminya. Sedangkan prosesnya klaim sendiri akan berjalan serupa ketika menggunakan smartphone, dimana mengharuskan anda mendatangi kantor cabang untuk mendapatkan informasi lanjutan.

Apabila tidak ingin terjebak pada antrian yang cukup panjang dan memakan waktu terlalu banyak, penggunanya akan diberian kemudahan dengan mengambil antrian secara online. Dengan adanya kemudahan ini, kini tak perlu lagi bingung untuk datang lebih pagi hanya untuk mendapatkan nomer urut panggilan. Nomer urut tersebut bisa dipesan lewat via aplikasi BPJSTKU ataupun langsung mengunjungi situs resminya, dan tunjukkan kepada petugas sebagai buktinya.

Untuk bisa mendapatkan nomer antrian tersebut, diperkenankan mengisi formulir yang disediakan dengan benar dan tidak ada yang terlewatkan sebelum mengirimnya. Setelah menunggu beberapa lama, nantinya anda akan mendapatkan SMS berupa konfirmasi pendaftaran. Jangan pernah berniat untuk menghapusnya, karena SMS itu sangat penting atau bahkan bisa dikatakan sebagai bukti otentik yang bisa membantu.

Di hari yang ditentukan, silahkan dayang ke kantor BPJS dan tunjukkan SMS yang sebelumnya diterima kepada petugas. Dari bukti tersebut, petugas akan mengarahkan anda untuk mengambil nomer antrian dan tunggu sebentar sebelum nomer urutan antrian dipanggil. Sebagai informasi tambahan, pendaftaran antrian bisa dilakukan maksimal sehari sebelum masuk tanggal kedatangan.

Bagaimana jika anda datang terlambat  dari waktu dan jam kedatangan seharusnya ? Nomer antrian yang sudah didapatkan secara otomatis dinyatakan tidak berlaku atau hangus, sehingga proses antrian wajib diulangi dari awal. Oleh karenanya, silahkan datang tepat waktu mengingat banyak masyarakat yang juga menggunakan cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan online.

Tujuan Klaim Bijak dan Jelas

Usai mengetahui prosedur tepat untuk mengajukan klaim, kini saatnya memikirkan secara matang apakah tujuan anda mengajukannya. Hal ini perlu dilakukan, agar dana yang diterima nantinya dapat digunakan dengan sebenar benarnya dan tentunya bermanfaat. Jika memang sudah bertekat untuk mempersiapkan pensiun, maka anda diperkenankan untuk melakukan klaim hingga 10%.

Berbeda halnya jika memang demi memenuhi keperluan perumahan, ada baiknya untuk memilih klaim 30% saja. Bijak dalam memilih jumlah klaim sangat perlu diperhatikan, mengingat peserta tak bisa melakukan 30% jika sudah mengambil klaim 10%. Sedangkan untuk sisa JHT, nantinya akan diberikan 100% jika peserta pensiun ataupun mengalami kondisi yang tidak memungkinkannya bekerja kembali.

Dan perlu ditekankan kembali jika, dan yang berhasil di klaim ada baiknya digunakan dengan baik dan cerdas. Jangan sampai sejumlah dana tersebt sisalah digunakan untuk bersenang senang, yang bisa raup dalam waktu sekejab mata saja. Pasalnya, uang jaminan tersebut juga termasuk dari perlindungan peserta di masa mendatang. Apabila sudah ditarik terlebih dahulu, maka dana yang didapatkan akan berkurang dari semestinya.

Hal yang tak kalah penting untuk dilakukan yaitu mengecek terlebih dahulu jumlah saldonya. Pengecekan jumlah saldo akan membantu anda untuk mengerti banyaknya dana yang bisa diambil, sebelum mengetahui cara mencairkan BPJS ketenagakerjaan online. Hanya saja, peserta perlu membuat laporan dan pengaduan lewat aplikasi untuk diperkenankan melihat banyaknya saldo yang dimiliki.

Pesatnya teknologi yang digunakan dengan maksimal, berhasil mendatangkan segudang keuntungan. Begitu pula pada pelayanan BPJS, kini tak perlu lagi antri karena bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Dana dicairkan lewat online, dianggap mampu mendatangkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin mencairkan dana yang sudah menjadi haknya. Mengandalkan smartphone di genggaman, pencairan dana secara online bukanlah hal mustahil dilakukan.

Baca juga : Cara Menyembunyikan Status Online Di WA (Whatsapp) Paling Jitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *