Kategori
Pendidikan

Sudah Siap Jadi Mahasiswa? Simak Cara Mendaftar SBMPTN Tahun ini

Pada saat lulus SMA, seseorang seringkali dihadapkan pada beberapa pilihan. Banyak lulusan SMA yang sudah memutuskan pilihan untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi negeri. Untuk bisa masuk ke perguruan tinggi yang diinginkan, maka ada beberapa cara yang bisa ditempuh salah satunya dengan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri  (SBMPTN). Dimana tes ini diambil jika memang saat mendaftar SNMPTN tidak lulus. Berikut ini cara mendaftar SBMPTN yang perlu kamu ketahui.

Persyaratan Untuk Pendaftaran SBMPTN

Sebelum melakukan pendaftaran SBMPTN, maka sebaiknya perhatikan dulu persyaratan dari SBMPTN tahun ini. Adapun persayaratannya adalah sebagai berikut yaitu calon pendaftar merupakan lulusan dari satuan pendiidkan SMA atau sejenisnya yang dimana maksimal lulus 3 tahun terakhir. SBMPTN ini juga berlaku untuk siswa yang mengikuti program paket C dan setiap calon pendaftar harus memiliki ijazah.

Cara Mendaftar SBMPTN Tahun ini
Cara Mendaftar SBMPTN Tahun ini

Untuk lulusan tahun berjalan, karena baru saja menyelesaikan masa studinya maka kemungkinan besar belum mendapatkan ijazah pada saat mendaftar SBMPTN. Namun, hal ini masih bisa ditoleransi dengan melampirkan surat kererangan lulus (SKL) yang menerangkan bahwa calon pendaftar tersebut sudah lulus dengan adanya pasfoto berwaran terbaru dan sudah diberi cap stempel yang sah dari pihak sekolah.

Cara mendaftar SBMPTN ini mengharuskan calon mahasiswa memiliki kesehatan jasmani dan rohani. Hal ini bertujuan agar ketika sudan masuk dalam perguruan tinggi negeri, calon mahasiswa dapat mengikuti proses pembelajaran dengan lancar tanpa adanya gangguan karena penyakit yang tiba tiba kambuh. Mengingat jadwal kuliah yang ada di perguruan tinggi negeri cukup padat apalagi untuk jurusan atau program studi tertentu.

Syarat selanjutnya adalah memiliki nilai UTBK, yang merupakan tes yang diadakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang merupakan lembaga satu satunya yang menyelenggarakan tes masuk perguruan tinggi di Indonesia. Dalam pelaksanannya, tes ini dilakukan beberapa kali namun calon pendaftar hanya bisa mengikuti satu kali saja. Dan hasil tes biasanya diumumkan setelah pelaksanaannya.

Cara mendaftar SBMPTN mensyaratkan calon pendafar diharuskan mempunyai akun di Lembaga Tes Mask Perguruan Tinggi (LTMPT) terlebih dahulu sebelum. Untuk saat ini, pendaftaran sbmptn hanya diperuntukkan bagi mereka yang tidak lulus jalur SNMPTN. Dan jika ternyata lulus SNMPTN namun tidak puas dengan pilihan prodi serta ingin mendaftra SBMPTN, maka hal ini tidak diperbolehkan. Selain itu, untuk calon pendaftar yang mengambil jurusan seni dan olahraga harus mengungah portofolio sesuai dengan jurusan.

Tata Cara Daftar SBMPTN tahun 2020

Setelah memastikan persyaratan sudah terpenuhi, maka calon pendaftar bisa melakukan pendaftaran sbmptn. Adapun waktu pendaftaran SBMPTN dimulai pada tanggal 2 Juni 2020 sampai 13 Juni 2020 sedangkan pengumuman hasil SBMPTN yaitu pada tanggal 30 Juni 2020. Sedangkan pendaftaran UTBK dilaksanakan pada tanggal 7 Februari hingga 5 April 2020. Jadi sebelum mendaftar SBMPTN, calon pendaftar harus registrasi akun LTMPT untuk UTBK dan SBMPTN.

Setelah melakukan registrasi, maka cara mendaftar SBMPTN selanjutnya adalah dengan mendaftar UTBK, kemudian login pada laman LTMPT. Setelah itu, calon pendaftar harus mengisi biodata secara lengkap. Namun, jika sebelumnya sudah mendaftar untuk jalun SNMPTN maka tidak perlu lagi melakukannya karena data sudah ada di laman tersebut. Selanjutnya, pelamar akan diminta untuk memilih perguruan tinggi negeri dan program studi.

Jika dulu, ketentuan pilihan 3 program studi maka saat ini program studi hanya bisa dipilih 2 saja baik dari perguruan tinggi yang sama maupun yang berbeda. Selain itu, saat ini tes SBMPTN ini menggunakan UTBK dimana tes denggan mengunakan komputer sehingga hasilnya lebih akurat. Berbeda dengan 2 tahun yang lalu dimana tes dilakukan secara serentak pada hari yang sama di seluruh perguruan tinggi negeri.

Setelah melakukan pemilihan program studi, maka pendaftar bagi yang mendaftar program studi seni maupun olahraga harus mengupload borang portofolio. Adapun panduannya dapat dunduh di laman LTMPT. Kemudian, pengunggahan dokumen lain yang sesuai dengan syarat SBPMTN tahun ini. Jika semua tahan sudah selesai, maka tinggal menunggu pengumunan pada tanggal 30 Juni 2020 mendatang.

Tata Cara Pendaftaran utbk SBMPTN

Mendaftar UTBK merupakan salah satu cara mendaftar SBMPTN. UTBK adalah sebuah ujian berbasis komputer yang nilainya bisa digunakan dalam SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk PTN). Adapun kelompok ujian tidak berbeda dengan tahun sebelum sebelumnya yaitu terdiri dari kelompok saintek, kelompok soshum dan kelompok campuran (saintek dan soshum). Materi yang diuji terdiri dari Tes potensi skolatis yang bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif. Sedangkan tes kompetensi akademik bertujuan untuk mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuwan.

Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN
Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri SBMPTN

Untuk mendaftar UTBK Sendiri, calon pendaftar harus melakukan registrasi di akun siswa LTMPT dengan menggunakan NISN, NPSN serta tanggal lahir. setelah itu, registrasi login kembali dengan menggunakan username atau emal serta kata sandi. Kemudian memilih menu “verifikasi dan validasi data siswa”. Selanjutnya isikan biodata secara lengkap dan mengunggah foto berwarna terbaru.  

Jika sudah maka selanjutnya verifikasi biodata dan memilih menu “pendaftaran UTBK”. Di sini calon pendaftar bisa memilih jenis dan sesi ujian serta lokasi pusat UTBK PTN. Setelah selesai, maka akan mendapatkan slip pembayaran UTBK. Pembayaran bisa dilakukan baik di bank mandiri, BNI maupun BTN. Pembayaran ini harus tidak boleh lebih dari 24 jam. Namun, bagi pendaftar beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) yang lulus, tidak dibebankan biaya pendaftaran.

Selanjutnya lakukan login kembali melalui laman LTMPT dengan menggunakan username dan password. Pilih menu pendaftaran UTBK serta cetak kartu peserta UTBK. Simpan kartu tersebut dengan baik dan di bawa paad saat tes UTBK. Selanjutnya pendaftar melakukan tes UTBK sesuai dengan hari, tanggal, sesi serta lokasi pusa UTBK PTN yang sudah dipilih tersebut. Jika sudah selesai melaksanakan UTBK, maka tinggal menunggu hasil pengumuman.

Sebenarnya pendaftar UTBK bisa mengikuti dua kali tes namun harus melakukan pembayaran dua kali dengan ketentuan kelompok ujian yang diambil harus sama dengan tes UTBK pada tahap 1 dan tahap 2. Biaya pendaftaran UTBK sendiri sebesar Rp 200 ribu untuk kelompok ujian saintek maupun soshum. Sedangkan bagi yang mengikuti kelompok ujian campuran maka dikenakan biaya sebesar RP 300 ribu.

Adapun jadwal pendaftaran UTBK dimulai dari registrasi akun LTMPT yang dimulai tanggal 7 februari hingga 5 april 2020 sehingga peserta harus paham cara mendaftar sbmptn dengan benar. Pendaftaran UTBK tahap 1 dilaksanakan mulai tanggal 30 maret hingga 11 april. Sedangkan pelaksanaan UTBK tahap 1 yaitu pada tanggal 20 hingga 26 April. Untuk pendaftaran UTBK tahap 2 dimulai tanggal 14 hingga 16 April 2020 sedangkan pelaksanaan UTBK tahap kedua dimulai tanggal 1 hingga 3 Mei 2020.

Itulah beberapa informasi mengenai pendaftaran SBMPTN tahun ini. Bagi adik adik yang saat ini sudah lulus SMA dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri, maka sebaiknya persiapkan dengan baik persyaratan yang dibutuhkan. Jangan lupa untuk selalu update informasi agar tidak sampai ketinggalan. Agar hasil tesnya memuaskan, maka sebaiknya lakukan latihan mengerjakan soal secara rutin.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *