Inilah Orang yang Berjasa Menemukan Internet

0
149
views
orang yang menemukan internet

Penemuan Internet dikreditkan ke dunia komputer Vinton Cerf dan Bob Khan, yang menemukan protokol Internet yang digunakan saat ini, yaitu seperangkat protokol dan aturan yang rumit.

Protokol ini memungkinkan Internet digunakan secara luas, sehingga orang ini disebut Bapak dari Internet.

Profil

Sang penemu internet ini mendapatkan gelar sarjana dalam matematika dari Stanford University, kemudian ia bergabung dengan Fakultas Ilmu Komputer dan Teknik Elektro pada tahun 1972, dan menjabat sebagai asisten profesor di Stanford

Kemudian bekerja dengan Robert Khan di dalam lembaga Advanced Research dari Department Proyek Pertahanan US, untuk membuat sebuah Transmission Control Protocol, menentukan dalam modus dari transmisi paket data melalui Internet.

Robert Khan adalah seorang insinyur listrik AS, di mana ia menerima gelar tekniknya dari kota New York dan meraih gelar master dan doktor rekayasa listrik di Princeton University

Penemuan Internet

Cerf dan Kahn mengembangkan seperangkat pedoman untuk transfer data menggunakan packet switching pada tahun 1980, menyebut pedoman tersebut TCP / IP, atau Transmission Control Protocol dan Internet Protocol.

Bagian TCP dari protokol bertugas mengemas data sebelum bergerak melintasi jaringan dan membukanya begitu sudah tiba. Komponen IP bertindak sebagai koordinator perjalanan dan memetakan pergerakan informasi dari titik awal ke titik akhirnya.

Sementara eksperimen Kleinrock membuktikan bahwa satu jaringan antara dua sistem komputer dimungkinkan, Cerf dan Kahn’s TCP / IP menyediakan tulang punggung untuk jaringan-jaringan interkoneksi (Interconnected Networks) yang efisien dan besar sehingga disebut “Internet.”

Meskipun protokol lain dikembangkan dan digunakan sebelum TCP / IP, seperti protokol transfer file ( FTP) dan protokol kontrol jaringan (NCP), Internet seperti yang kita kenal saat ini dibangun atas dasar “jaringan-jaringan” Cerf dan Kahn.

[expand title=”Referensi”]

[/expand]

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here