Kategori
Resep dan Kuliner

Ingin Tahu Cara Membuat Donat Tanpa Kentang? Yuk Cek Disini

Donat merupakan jajanan kesukaan banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Membuat donat yang empuk dan gurih biasanya dicampur dengan kentang. Tapi bisa juga menggantinya dengan umbi-umbian lain, yang memiliki tekstur serupa. Atau juga bisa mengkreasikan pisang yang diolah menjadi donat. Aroma donat jauh lebih wangi dan lembut saat digigit. Mau tahu cara membuat donat tanpa kentang? Yuk simak ulasannya.

Kreasi Donat Empuk dan Lezat Membuat Ketagihan

1. Donat dari Tape

Tape merupakan kudapan khas Indonesia yang terbuat dari singkong, lalu difermentasikan. Tidak hanya dikonsumsi langsung tapi juga bisa sebagai bahan olahan, salah satunya donat. Adapun cara membuat donat dari bahan tape, anda harus siapkan 250 gr tepung terigu protein tinggi dan 50 gr terigu protein rendah. Susu bubuk, 100 gr tape matang yang dihaluskan, 1 telur,  45 gr gula pasir. Untuk tambahannya ½ sdt garam halus, margarin, gula pasir dan ragi instan.

donut tape
donut tape

Cara membuatnya pertama seduh ragi dan gula dengan air hangat, biarkan sampai berbusa. Di beda tempat jadikan satu tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, telur dan tape. Aduk bahan tersebut sampai terjampur rata. Masukkan ragi yang dihangatkan lalu mixer setengah kalis, masukkan margarin lalu mixer lagi hingga tercampur. Bentuk adonan bulat-bulat dan tutup dengan wrap, tunggu hingga megembang 2x lipat. Setelah dikempiskan bagi adonan diatas baking paper, lubangi tengahnya lalu goreng adonan.

2. Donat dari Ubi

Cara membuat donat tanpa kentang lainnya ialah, menggunakan bahan ubi jalar. Di dalam ubi mengandung zat tepung, jadi donat selain empuk juga rasanya lebih manis. Bebas pakai ubi jenis apa saja, boleh ubi merah, ungu, putih atau kuning. Untuk mengolahnya jadi donat kukus dulu 200 gram ubi. Lalu siapkan 300 gram terigu protein tinggi, 50 gram gula pasir, telur, ragi instan dan susu bubuk. Lengkapi dengan 300 gr margaris, garam dan minyak goreng secukupnya.

resep donut ubi tanpa kentang
resep donut ubi tanpa kentang

Pertama haluskan ubu kukus dan buang serat-seratnya. Campurkan tepung terigu, gula pasir, susu bubuk dan ragi dalam satu wadah. Telur dan ubi kukus dijadikan satu dalam adonan. Uleni terus sampai kalis sembari tuangi air sedikit demi sedikit. Taungkan margaris dan garam, aduk ratu bersama adonan. Tutup adonan dengan kain bersih yang sudah dibasahi, lalu diamkan selama 1 jam. Setelah adonan mengembang uleni sebentar, jika sudah agak kempes, ambil per 30 gr lalu goreng dengan api kecil.

3. Donat dari Labu Kuning

Jika dirumah ada persediaan labu kuning, daripada tidak terpakai baiknya diolah menjadi donat. Cara membuat donat tanpa kentang ini mudah, teksturnya empuk rasanya pun juga sama lezatnya. Siapkan dulu terigu protein tinggi dan sedang, masing-masing 170 gr dan 100 gr. Jangan lupa kukus labu kuning lalu dihaluskan. Untuk bahan pendukung memerlukan 45 gr gula pasir dan mentega, 1 butir telur, 5 gr ragi instan, garam dan minyak goreng seperlunya.

Donat dari Labu Kuning
Donat dari Labu Kuning

Campurkan kedua terigu, labu kukus, gula, telur dan ragi. Anda perlu menguleni perlahan, sambil menuang air sedikit demi sedikit. Masukkan garam dan mentega lalu ulen adonan sampai merata. Tutup wadan adonan dengan lap bersih dan basah, diamkan selam 1 jam agar adonan mengembang. Setelah kempis bulatkan adonan dan buat lubang ditengahnya. Biarkan mengembang sekali lagi selama 15 menit, kemudian goreng donat sampai warna kecoklatan.

4. Donat dari Pisang

Resep kali ini membuat donat dari bahan pisang. Aromanya lebih wangi dan gurih secara bersamaan. Harga pisang juga lebih murah dibandingkan kentang, jadi bisa membuat donat dalam jumlah besar. Disajikan tanpa topping apapun juga sudah nikmat. Cara membuat donat tanpa kentang ini bisa diterapkan di rumah. Cukup sediakan 250 gr pisang matang, 450 gr terigu protein tinggi, margarin dan gula pasir. Selanjutnya 3 kuning telur, susu bubuk, dan ragi instan.

Kupas pisang yang sudah matang dan dihaluskan, gunakan garpu makan. Campur terigu, telur, ragi, gula pasit dan susu bubuk dalam wadah besar. Lubangi bagian tengah agar bisa dimasuki oleh kuning telur, lalu aduk sampai rata. Masukkan pisang dalam adonan kemudian aduk rata, sembari tuang air es. Aduk rata bersama margarin dan garam lalu uleni hingga benar-benar elastis dan tidak lengket di tangan.

Donat dari Pisang
Donat dari Pisang

Setelah itu padatkan adonan hingga menjadi bulatan besar, tutup wadah dengan plastik. Diamkan selama 40-60 menit sampai sedikit mengembang, selanjutnya kempiskan adonan dengan kepalan tangan. Tipiskan adonan menggunakan rolling pin dan buat cincin-cincing lebar, dengan cetakan khusus. Diamkan lagi selama 30 menit sembari memanaskan minyak, lalu goreng donat sampai matang. Cara membuat donat tanpa kentang satu ini, mudah kan?

5. Donat Ala JCo

Tahu rahasia donat premium JCo yang lembut? Jawabannya karena donat terbuat dari tepung Komachi. Alhasil teksturnya berserat lembut seperti kapas, sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak. Tidak perlu membeli dengan harga mahal, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Siapkan saja bahan utama yaitu 850 gr tepung Komachi, 10 gr garam dan 30 gr ragi instan. Tambahannya gula pasir, telur ayam, susu bubuk dan margarin.

Cara Membuat Donat Tanpa Kentang
Cara Membuat Donat Tanpa Kentang

Campur semua bahan utama dan uleni sampai halus. Tutup adonan dengan kain serbet basah atau plastik, diamkan selama 90 menit. Adonan pertama dengan bahan tambahan dicampurkan jadi satu, sampai kalis dan elastis. Tutup lagi wadah kurang lebih 15 menit, lalu buat bola-bola per 35 gram. Gilas adonan dengan ketebalan 1 cm kemudian lubangi bagian tengahnya. Goreng donat dalam minyak goreng sembari sesekali dibalik, jika warnanya kecoklatan angkat.

6. Donat dari Buah Naga

Cara membuat donat tanpa kentang lainnya, terbuat dari bahan buah naga. Sangat sehat untuk dikonsumsi, sebab buah mengandung banyak nutrisi. Anda perlu menyiapkan 150 gr buah naga yang dikupas kulitnya, lalu haluskan dengan garpu. Kemudian 250 gram terigu protein sedang, satu sendok teh ragi dan gula pasir seperlunya. Pelengkap bahannya susu bubuk, margarin dan garam.

Donat dari Buah Naga
Donat dari Buah Naga

Anda campurkan terigu, susu bubuk, gula pasir, dan ragu dalam satu wadah lalu diaduk rata. Masukkan buah naga yang sudah dihaluskan, bubuhkan garam dan margarin. Aduk adonan tersebut sampai kalis dan merata. Bentuk bulat adonan setelahnya tutup dengan kain bersih, diamkan selama 40 menit sampai mengembang. Bagi adonan menjadi per 40 gram dan diamkan kembali 15 menit. Lubangi tengah donat kemudian goreng sampai kecoklatan.

Donat merupakan camilan agak berat untuk dikonsumsi. Memakan satu sampai tiga donat sudah cukup mengenyangkan perut. Bisa dibilang donat adalah makanan favorit semua orang, bagaimana tidak gerai-gerai yang menjual donat premium selalu habis di pasaran. Namun membuat donat sendiri jauh lebih menyenangkan. Membuat kreasi donat tanpa kentang dan bisa disantap saat sore, atau malam sambil menonton tv.

Baca juga resep masakan enak lainnya yaitu:

Cara Membuat Bolu Kukus Tanpa Mixer Agar Mengembang Dan Lembut

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *