Ingin Jadi Blogger Sukses? Kenali Dulu Hambatan Biar Tak Pupus

2
164
views
hambatan jadi blogger sukses

Caraku.ID Bisnis Internet – Menjadi blogger sukses sudah menjadi cita-cita ‘sebahagian’ anak muda generasi millenial. Mencari uang di internet juga tak semudah yang Kamu bayangkan lho guys.

Sejumlah tantangan pasti Kamu hadapi jika memutuskan ingin menjadi blogger. Apabila asal mencoba, bisa jadi di tengah jalan Kamu akan jenuh.

Agar tidak mengalami hal tersebut, jangan cepat menyerah ya guys. Berikut Caraku.ID berbagi pengalaman seputar hambatan blogging yang harus Kalian kenali.

1. Sulit menemukan topik secara kontinue

Cepat menyerah
Cepat menyerah via pixabay.com

Kamu akan menganggap setiap hari bisa menulis artikel banyak. Sementara saat menjalankan profesi yang tak mengikat waktu ini, kesulitan menentukan topik harian mulai Kamu rasakan.

Apa penyebabnya?

Biasanya ini disebabkan saat awal memulai menjadi blogger. Yaitu Kamu asal-asalan memilih topik blog, tanpa mempertimbangkan minat Kamu.

Padahal tips pertama agar blog Kamu bisa ramai yakni publikasi secara kontinue. Ini bisa dilakukan jika topik blog sesuai dengan passion pemiliknya.

2. Ingin punya banyak blog

Blog pertama belum lengkap, mulai lagi membuat blog baru. Akhirnya dikejar artikel harian. Lama-lama kedua blog macet.

Sudah menjadi masalah umum bagi blogger pemula tentang hal tersebut. Sebaiknya fokuslah pada satu blog saja.

Bagaimana caranya?

Penentuan topik sangat berperang dalam hal ini. Jika kesesuaian antara minat dengan topik blog sudah tepat, Kamu akan fokus, tidak jenuh, dan selalu punya ide fresh.

3. Tidak sabar punya artikel banyak

tidak sabaran
Tidak sabar alias terburu-buru via pixabay.com

Hari ini blog baru saja dibuat, eh tiba-tiba memaksakan diri menerbitkan artikel 10 halaman. Jika kualitasnya bagus, mengutamakan pembaca, oke itu tak masalah.

Tapi bagaimana jika yang Kamu terbitkan hanya bertumpuk di beranda tanpa memiliki pengunjung. Akan sia-sia bukan.

Menjadi blogger itu harus ekstra sabar, punya jadwal harian, dan rencana menulis yang terstruktur.

Bagaimana caranya?

Kamu harus banyak membaca artikel blog lain yang sudah berada di halaman satu. Pelajari struktur penulisan, isi artikel, dan kenyamanan Kamu membacanya.

Buat target harian berapa artikel yang harus Kamu terbitkan, lalu patuhi. Pastikan juga Kamu selalu dalam aturan penulisan yang mengutamakan pembaca, bukan untuk mesin pencari.

4. Bergegas ingin punya penghasilan

mengutamakan pendatapan sejak awal
Mengutamakan pendatapan sejak awal via Pixabay.com

Blog masih seumur jagung tiba-tiba daftar adsense, ya pasti ditolak lah. Belum lagi menu navigasi serta halaman pendukung yang berantakan.

Google luar negeri mengharuskan blog berumur 6 bulan sebelum bisa monetisasi. Dan waktu tersebut juga Kami anggap blog sudah terlihat profesional.

Apa yang dilakukan?

Fokus terbitkan artikel terbaik untuk pengguna internet selama 6 bulan. selama rentang waktu itu, jangan pikirkan penghasilan.

Suatu saat uang akan datang sendiri jika artikel Kamu memang bermanfaat.

Buat navigasi blog jadi mudah, halaman pendukung seperti:

  • privasi
  • disclaimer
  • hubungi kami
  • term of services
  • tentang kami

Halaman diatas memberikan jaminan kepada Kamu dan Pembaca berada dalam jalur yang aman.

5. Tampilan blog gonta-ganti

Hari ini bosan dengan theme blog, besoknya ganti yang lain, minggu depan berubah lagi. Ingat, itu hanya merusak reputasi blog Kamu.

Akan jauh lebih baik jika Kamu punya theme premium untuk selamanya, dibandingkan Kamu gonta-ganti theme blog.

Setiap template punya struktur SEO, desain, font, tata letak, format H1-H6 yang berbeda. Maka tidak heran jika artikel Kamu akan hilang beberapa hari setelah mengganti theme.

Apa yang harus dilakukan?

Buat rencana untuk membeli theme premium langsung dari sumber terpercaya. Mencari uang melalui blog tidak ada yang gratis.

Carilah theme yang sesuai dengan topik blog Kamu, agar kedepannya tidak pernah bosan serta tampilan selalu segar.

Theme premium juga memberikan nilai plus terhadap SEO dan kenyamanan pembaca. Artikel Kamu akan mudah masuk halaman satu.

6. Semua harus SEO

Semuanya harus SEO
Semuanya harus SEO via pixabay.com

Setiap hari baca artikel SEO, dan tanpa diketahui ternyata artikel tersebut sudah lawas. Bahkan algoritma google sudah berubah, Kamu masih menerapkan SEO jadul.

Caraku.ID tidak mengutamakan SEO dalam menulis artikel. Kami fokus ke kebutuhan pembaca, memberi kemudahan dan kenyamanan membaca artikel Kami.

Bagaimana caranya?

Lupakan SEO! Mesin pencari yang sebenarnya adalah Pembaca dan Kamu sendiri. Jadilah seakan-akan Kamu pembaca.

Jika artikel pada blog masih Kamu anggap kurang nyaman dibaca, lakukan editing dan penambahan sampai Kamu benar-benar nyaman membacanya.

Tidak semua yang ada di internet yang membahas SEO bisa diterapkan. Ingat bahwa tempat terbaik untuk mengambil rekomendasi SEO adalah pedoman dari Google.

7. Copy paste alias plagiat

Kamu ingin masuk halaman satu, tapi kamu contek utuh artikel di halaman itu. Jika menggunakan akal sehat, Kamu tidak akan bisa bersaing dengan mereka.

Semua sistem tidak memperkenankan menjadi plagiat, termasuk google. Kamu harus menciptakan artikel unik, fresh, dan nyaman dibaca.

Apa yang dilakukan?

Seperti kami sebutkan sejak awal, perbanyak membaca artikel dari blog atau penulis terkenal.

Jika mengambil artikel di tempat lain, cobalah melakukan parafrase, kemudian cantumkan sumbernya. Jangan sesekali melakukan plagiat.

8. Kaget persaingan besar

takut bersaing
Takut bersaing via Pixabay.com

Artikel sudah banyak diterbitkan, tapi belum ada masuk halaman utama, dan pada akhirnya mulai jenuh, lama-lama berhenti.

Tidak sedikit orang masuk dalam kategori tadi. Mereka ingin jadi blogger tapi pupus tengah jalan sebab tak mengenali hambatan.

Perlu diketahui bahwa semua topik yang ada di Google punya persaingan besar. Semuanya SULIT. tak ada yang mudah.

Jika kalian tipe orang takut bersaing, sebaiknya lupakan cita-cita jadi blogger

Bagaimana caranya?

Google menyediakan tempat berkompetisi secara sehat, yang berbuat curang akan terlempar dikemudian hari.

Google meminta publisher agar menyediakan konten yang fresh, bukan plagiat, mudah dibaca, dan yang terpenting ‘menjawab kebutuhan pembaca’.

Sebenarnya simpel, kalau Kamu sudah menyediakan, tunggu saja google membawa artikel-mu ke halaman utama.

Siapapun bisa menjadi blogger handal dan sukses jika memperhatikan faktor-faktor penghalang, lalu mempelajarinya. Semangat blogging, dan jadilah penulis yang mengutamakan kebutuhan pembaca.

BAGIKAN

2 KOMENTAR

    • Hai Noka, Menjadi blogger adalah profesi yang didasarkan bekerja secara online yang menghasilkan kontent (artikel) sebagai produk. Rata-rata individu yang berhasil memulai blog karena passion, serta hobi menulis dan berbagi.
      Kamu bisa latihan menulis apa saja yang menarik untuk dibahas, dan kami siap menerbitkan artikel Kamu.
      Terima Kasih,,

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here