Kategori
Resep dan Kuliner

Yuk Simak Cara Membuat Bolu Pandan Dengan Praktis

Kian bertambahnya tahun, semakin banyak pula jajanan modern yang menyerang pasar tradisional. Meski banyaknya pilihan kuliner terbaru, uniknya hal ini tidak menyurutkan minat masyarakat untuk mengkonsumsi bolu pandan. Justru bolu pandan semakin banyak dikreasikan menjadi beragam rasa unik, yang tak kalah seperti rasa originalnya. Apabila tertarik mencoba membuatnya sendiri, berikut cara membuat bolu pandan.

Membuat Roti Bolu Kukus

Ada beberapa cara pembuatan kue basah satu ini, salah satunya dengan cara dikukus. Cara ini dianggap paling sederhana sekaligus mendatangkan banyak keuntungan. Dimana keistimewaannya, terletak pada tekstur rotinya terasa lebih lembut di mulut dan tidak ada bagian yang terlihat gosong. Bahkan warna rotinya terlihat lebih cerah dan menggoda, sehingga banyak yang menggunakan cara ini sebagai alternatifnya.

Cara Membuat Bolu Pandan Kukus
Cara Membuat Bolu Pandan Kukus

Sebelum membuatnya, tentunya anda perlu mengetahui apa saja bahan utama pembuatannya. Tak perlu khawatir akan kesulitan menemukan bahan bahannya, karena anda bisa membelinya di toko terdekat dengan harga yang bersahabat. Bahan yang wajib dipersiapkan terdiri dari 1 gelas tepung terigu yag bisa disesuaikan dengan merk kesayangan, sejumput garam, 4 buah telur, 1 gelas gula pasir, ½ gelas minyak, ½ sdt vanilla bubuk, ½ sdt soda, serta tak lupa menambahkan pewarna pandan atau pewarna alami pandan.

Ketika semua bahan telah tersedia, kini saatnya untuk menyiapkan alat bantu sekaligus melihat tutorial cara membuat bolu pandan. Kenapa harus menyiapkan terlebih dahulu sebelum membuatnya ? Mungkin ini terdengar sepele, namun sangat membantu anda untuk mengoptimalkan waktu pembuatan dan terasa lebih efisien. Dikatakan demikian, lantaran anda tak perlu kebingungan mencari alat yang diperlukan disaat sangat diperlukan.

Letakkan berbagai peralatan membuat adonan di dekat jangkauan anda, hal ini juga bermanfaat untuk meminimalisir pengeluaran tenaga dan waktu. Tak perlu bolak balik mengambil alat yang diperlukan, maka secara otomatis membuat anda fokus menyelesaikan pembuatan adonan beserta topingnya. Beberapa alat yang perlu untuk diperlukan meliputi loyang, mixer, panci, baskom, lap bersih, wadah saji, serta kertas roti.

Semua persiapan sudah selesai dilakukan, maka inilah waktunya masuk ke dalam tahapan pembuatannya. Pertama tama silahkan masukkan telur, garam, dan vanilla ke dalam wadah lalu kocong hingga merata. Kocong semua bahan tersebut hingga mengembang dan tidak mengeluarkan buih, menggunakan mixer yang diatur dalam kecepatan tinggi. Apabila teksturnya sudah berubah, barulah tambahkan dengan minyak secukupnya dan kocok kembali menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.

Ketika adonan pertama sudah selesai dilakukan, sisihkan terlebih dahulu dan berlanjut ke tahap kedua cara membuat bolu pandan. Pada tahap ini, silahkan oleskan loyang menggunakan mentega serta taburkan sedikit tepung. Ketika semua loyang sudah dioleskan mentega secara merata, barulah tuangkan adonan sebelumnya ke dalam loyang sekitar ¾ nya saja. Usahakan untuk tidak menuangkan secara penuh, agar adonan nantinya akan mengembang dengan cantik dan sempurna.

Selesai menuangkannya, ratakan adonan dengan cara menepuk loyang secara perlahan atau menggunakan bantuan sendok atau alat pengaduknya. Jangan lupa untuk menyiapkan panci yang berisikan air, sebagai tempat untuk proses pengukusannya nanti. Tunggu hingga air mendidih, kemudian masukkan ke dalam panci tersebut secara perlahan. Sebelum menutupnya, lapisi penutup pancinya menggunakan lap bersih sebagai tempat penyerapan uap air.

Dalam tahap ini, silahkan tunggu hingga 45 menit atau hingga adonan dirasa sudah matang sempurna. Tekan keinginan untuk membuka tutup panci, karena hal tersebut akan berpengaruh pada kualitasnya. Jika tidak sesuai dengan tutorial cara membuat bolu pandan, kemungkinan besar adonan tidak mengembang sempurna. Ketika proses ini selesai dilakukan, silahkan tiriskan dan letakkan di dalam wadah sajian khusus. Agar lebih mudah mengkonsumsinya, potong dengan ukuran lebih kecil hingga menjadi beberapa potong.

Membuat Roti Bolu Dengan Cara Dioven

Resep Bolu Pandan Oven
Resep Bolu Pandan Oven

Jika sebelumnya menggunakan cara sederhana, kali ini anda bisa mencoba menggunakan cara berbeda yaitu dengan dioven. Kelebihan menggunakan cara ini, terletak pada bentuk bolunya yang terlihat sempurna dan adonan merata dengan sempurna. Hanya saja, ada kalanya anda menemukan beberapa bagian yang gosong karena suhu pemanggangan yang cukup tinggi. Beruntungnya, anda bisa membuang bagian yang dirasa gosong agar tidak berpengaruh pada cita rasanya.

Sebelum membuatnya, silahkan siapkan terlebih dahulu bahan yang digunakan untuk membuat adonannya. Bahan bahan tersebut terdiri dari 320 gr tepung terigu, 1 bungkus baking powder, 250 gr margarin, 1 bungkus bubuk vanili, 4 butir ayam, 250 g gula pasir, dan susu kental. Sebagai pelengkapnya, siapkan sekitar 12 lembar daun pandan sebagai pewarna alami sekaligus pewangi untuk meningkatkan cita rasanya. Sedangkan alat yang digunakan masih sama, hanya saja tidak lagi menggunakan panci.

Bahan dan alat sudah siap, mari siapkan diri untuk memulai cara membuat bolu pandan. Tahap pertama yang harus dilakukan, yaitu memanaskan oven dengan suhu kira kira 170 derajat celcius. Selagi menunggu oven siap digunakan, tumbuh daun pandan ataupun diblender hingga berubah tektur menjadi lebih halus. Daun pandan yang siap, akan ditambahkan dengan air lalu diperas untuk  diambil larutannya sekitar 120 ml.

Kemudian silahkan mencairkan margarin secukupnya, dan letakkan di wadah yang berbeda untuk disisihkan terlebih dahulu hingga suhunya menurun. Setelahnya masukkan telur, gula pasir, dan vanili yang kemudian dikocok menggunakan mixer hingga semua bahannya tercampur merata. Adonan yang sudah, akan ditambahkan dengan baking powder akan mengembang dengan sempurna. Jangan lupa untuk menambahkan susu kental ke dalam larutan daun pandan, lalu aduk hingga rata.

Susu kental dan larutan daun pandan yang sudah tercampur sempurna, nantinya akan dituangkan ke dalam adonan dan aduk kembali semua bahan bercampur sempurna. Ketika adonan bolu sudah siap digunakan, mari letakkan dahulu adonan tersebut dan beralih untuk mengoleskan loyang menggunakan margarin. Selesai mengoleskan margarin, taburkan sedikit tepung terigu ke dalam loyang agar adonan tidak lengket ketika hendak disajikan.

Ketika semua bagian loyang sudah teroleskan margarin secara merata, barulah tuangkan adonan secara perlahan. Agar adonan merata di setiap sisinya, anda bisa menepuk perlahan loyang ataupun menggunakan sendok agar lebih merata. Kemudian silahkan panggang dalam oven yang sudah dipersiapkan sebelumnya, dan tunggu hingga proses pemanggangan selesai. Adonan yang telah matang, silahkan tiriskan ke dalam wadah khusus dan tambahkan toping sesuai selera.

Karena ukurannya yang cukup besar, maka anda perlu untuk memotongnya hingga menjadi beberapa bagian. Dengan ukurannya yang pas, memudahkan untuk mengambil dan disantap ke dalam mulut. Untuk mengetahui hasilnya, mintalah bantuan dari keluarga maupun kerabat terdekat untuk mencicipinya. Jikalau rasa dan teksturnya sesuai dengan keinginan, tak ada salahnya untuk berbagi cara membuat bolu pandan satu ini kepada mereka.

Bau harum khas pandan yang berpadu dengan manisnya rasa bolunya, menjadi daya tarik utama kue basah satu ini. Bahkan dengan adanya campuran daun pandan, warna rotinya terlihat berwarna hijau segar yang menambah nafsu untuk mengkonsumsinya. Daripada membelinya, anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Selain bisa menyesuaikan dengan selera, membuat sendiri mampu menghadirkan rasa bangga sekaligus meningkatkan kemampuan membuat kue tradisional nusantara.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *