Kategori
Resep dan Kuliner

Cara Membuat Bolu Kukus Tanpa Mixer Agar Mengembang Dan Lembut

Keberagaman kuliner yang dimiliki oleh Indonesia, menjadi salah satu daya tarik yang hingga kini masih disukai oleh masyarakat. Bukan hanya makanan beratnya saja, melainkan jajanan tradisional seperti bolu kukus masih banyak dicari. Rasanya yang manis nan lembut, mampu menghipnotis siapapun yang mencicipinya. Apabila tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah, berikut cara membuat bolu kukus tanpa mixer namun tak kalah lezat.

Cara Membuat Bolu Kukus Tanpa Mixer Paling Mudah

Cara Membuat Bolu Kukus Tanpa Mixer Agar Mengembang Dan Lembut
Cara Membuat Bolu Kukus Tanpa Mixer Agar Mengembang Dan Lembut

Beberapa Bahan Pembuatan Bolu

Bahan pembuatan bolu cukup sederhana, bahkan semua bahannya mudah ditemukan dan dibeli di toko terdekat. Harganya pun sangat ramah di kantong, sehingga bisa menjadi alternatif ketika ingin membuatnya sendiri di rumah. Beberapa bahan yang wajib tersedia meliputi 250 gr tepung terigu, 250 gr gula merah lalu sisir halus, ½ sdt soda kue, ½ sdt baking powder, 100 ml minyak goreng, dan tidak lupa menyiapkan 160 ml air.

Mulai Menyiapkan Alat dan Bahan

Selain mempersiapkan bahan, anda juga perlu menyiapkan beberapa alat bantu untuk membuat adonan kue basah satu ini. Sederet alat yang dimaksudkan meliputi kertas roti, lap bersih, muffin, cetalan loyang, baskom, alat untuk menyampurkan adonan, dan tidak lupa wadah khusus. Ketika semua alat telah dipersiapkan, akan membantu anda untuk menghasilkan adonan yang diinginkan.

Apa pentingnya mempersiapkan alat dalam cara membuat bolu kukus tanpa mixer ? Hal ini memang terdengar sepele, namun sangat membantu anda untuk memanfaatkan waktu dan tenaga yang ada. Tak perlu mondar mandir hanya karena mencari alat, dengan begitu anda dapat berfokus membuat adonan tanpa kebingungan mencari alat yang dibutuhkan. Bisa lebih fokus mencampurkan adonan hingga jadi, pekerjaan pun akan bekerja lebih efektif.

Pastikan kembali bahwa semua alat dan bahan tersedia, lalu mulailah untuk mempersiapkan loyang serta kertas roti yang nantinya akan dijadikan sebagai alas adonan kue selama proses pengukusan. Caranya cukup mudah, dimana anda hanya tinggal memotong kertas roti  berbentuk bulat dengan diameter sekitar 3 cm. agar lebih cepat, silahkan buat satu bulatan terlebih dahulu, kemudian gandakan dengan cara membuat pola dari bulatan pertama.

Cara ini dianggap efektif, dimana mampu menghasilkan bulatan dalam ukuran yang sama persis. Jika memungkinkan, buatlah bulatan tersebut dalam jumlah cukup banyak sebagai stok apabila adonan masih banyak tersisa namun sayang untuk dibuang. Masih dimanfaatkan dengan baik, oleh karenanya anda tidak akan merugi untuk membuatnya dalam jumlah yang dilebihkan sedikit.

Selesai bergelut dengan kertas roti, kini saatnya untuk beralih menyiapkan loyang sebagai bagian cara membuat bolu kukus tanpa mixer. Ada baiknya loyang diletakkan tak jauh dari anda, agar lebih mudah dijangkau disaat diperlukan. Kemudian barulah masukkan kertas roti ke dalamnya, dan sisakan sedikit untuk kemudian ditekuk di bagian pinggirannya. Lekukan kecil tersebut bukanlah sekedar penghias, namun memudahkan anda untuk mengambilnya setelah dikukus.

Semua loyang telah tersisi penuh, maka saatnya untuk menyiapkan panci dan silahkan sisi menggunakan air secukupnya ke dalam pengukusannya. Kemudian tempatkan pengukusan tersebut ke atas kompor, dan pastikan letaknya sudah pas dan seimbang. Silahkan nyalakan api sedang dan tunggu beberapa menit hingga air mendidih yang menandakan bila pengukusan sudah siap digunakan.

Selama proses menunggu air mendidih, gunakan waktu tersebut untuk membuat larutan gula merah. Untuk membuatnya, silahkan iris gula merah kecil kecil lalu masukkan ke dalam panci dan tambahkan pula air ke dalamnya. Bersamaan dengan menuangkan air, silahkan tambahkan pula daun pandan dan berikan sedikit taburan garam ke dalam panci tersebut. Kemudian silahkan nyalakan api, untuk melelehkan gula tersebut hingga benar benar berubah wujud.

Ada sedikit tips dalam tahap cara membuat bolu kukus tanpa mixer satu ini, agar hasil adonannya sesuai dengan keinginan anda. Dimana anda perlu melapisi bagian penutup panci menggunakan lap bersih, dan lakukan sembari menunggu air mendidih sempurna. Hal ini bukanlah keisengan belaka, namun bermaksud agar uap yang dihasilkan dari panci bisa langsung diserap oleh lap tersebut dan tidak ada tetesan uap ke bagian bawah yang membuat adonan basah.

Selama menunggu gula merah dan bahan tambahannya tercampur merata dan berbaur dengan air, silahkan aduk perlahan agar tidak ada gula yang menggumpal. Ketika merasa semua bahan sudah bercampur sempurna, diamkan sementara hingga air mengeluarkan gelembung yang menandakan air sudah matang. Saat mendengar suara bergemuruh, silahkan angkat lalu sisihkan terlebih dahulu hingga suhu larutan air gula menurun.

Tutorial Membuat Bolu Tanpa Menggunakan Mixer

Disaat semua bahan dan alat telah siap, dipersilahkan untuk melanjutkan pembuatan adonan dengan mencapurkan tepung terigu beserta baking powder dan sode kue. Semua bahan tersebut akan diaduk dan diayak menggunakan saringan, hingga teksturnya menjadi lebih lembut dan semua bahan dapat tercampur dengan merata. Sesudahnya, silahkan sisihkan terlebih dahulu dan melanjutkan tahap selanjutnya.

Tahap cara membuat bolu kukus tanpa mixer ini, anda bisa menuangkan air gula ke dalam campuran tepung yang tadi sudah dipersiapkan, lalu aduk aduk hingga merata sempurna. Sebagai pelengkapnya, jangan lupa untuk menambahkan minyak goreng ke dalam adonannya. Kemudian aduk kembali hingga tercampur dengan merata dan tidak ada bagan yang terlihat mengental. Apabila dirasa masih belum sesuai, silahkan aduk terus hingga tidak ada bagian yang mengental.

Ketika proses pembuatan adonannya telah siap, maka saatnya untuk menyiapkan loyang. Untuk menuangkan adonannya, dianjurkan untuk tidak langsung menuangkannya ke dalam loyang. Ada baiknya untuk menyendok perlahan ke dalam loyang hingga ¾ hampir penuh, dan lakukan kembali pada sisa loyang yang masih belum terisi. Pastikan untuk tidak memenuhi seluruh loyang, mengingat nantinya adonan akan mengembang.

Tepuk perlahan loyang tersebut hingga adonan merata lalu masukkan ke dalam kukusan. Silahkan atur pengukusan selama 15 menit atau hingga adonan benar benar matang. Selama proses pengukusan, ada hal penting yang harus diperhatikan. Dimana anda tidak diperkenankan untuk membuka tutup panci, jika dirasa adonan belum matang. Sebab, hal ini menjadi faktor kenapa kue tidak bisa mengembang dan naik ke permukaan dengan sempurna.

Tunggu beberapa menit dengan menahan keinginan untuk membuka tutup pancirnya, agar hasilnya sesuai dengan ekspektasi. Setelah adonan matang, barulah angkat lalu sajikan ke dalam piring sajian. Agar lebih mudah untuk mengambil dan menyantapnya, tidak ada salahnya untuk memotongnya menjadi beberapa bagian. Apabila berhasil membuatnya, silahkan bagikan cara membuat bolu kukus tanpa mixer beserta hasilnya untuk membagikan kebahagiaan.

Rasa bolu kukus yang cenderung manis dan lembut di mulut, membuatnya disukai oleh berbagai kalangan mulai dari anak anak hingga orang dewasa sekalipun. Daripada membelinya, tidak ada salahnya untuk membuatnya sendiri di rumah. Selain cara pembuatannya yang terbilang cukup mudah, anda juga bisa menyesuaikan dengan selera. Apabila merasa kesulitan, tidak ada salahnya mengikuti dan menerapkan resep di atas.

Referensi:

https://id.wikipedia.org/wiki/Bolu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *