Kategori
Teknologi

Cara Ganti Nama dan Username IG (Instagram) Melalui Ponsel dan PC

Apakah anda mengetahui aplikasi Instagram yang digunakan oleh beberapa orang didunia untuk membagikan keseruan foto, video, dan stories yang bertahan selama 24 jam? Sosial media Instagram digunakan oleh sebagian besar orang di dunia untuk membagikan keseruan dengan teman, keluarga, ataupun kekasih. Apakah anda memiliki akun Instagram? Yuk simak ulasan berikut ini terkait cara ganti nama ig agar nama yang anda miliki tidak membosankan.

Tip Cara Ganti Nama dan Username IG (Instagram) Melalui Ponsel dan PC Paling Mudah dan Lengkap

cara ganti nama dan username ig Instagram melalui Handphone HP dan Komputer
cara ganti nama dan username ig Instagram melalui Handphone HP dan Komputer

Cara Mengubah Username Instagram Melalui Ponsel

Berikut langkah-langkah cara merubah username atau display name Instagram (IG)

  • Buka aplikasi Instagram di Handphone anda.
buka aplikasi instagram dan klik avatar icon
buka aplikasi instagram dan klik avatar icon di bagian kanan bawah
  • Ketuk ikon akun Anda di kanan bawah layar untuk membuka halaman profil Anda.
  • Untuk mengubah nama Anda, ketuk “Edit Profil” di halaman profil.
klik edit profile untuk rubah nama pada akun IG
klik edit profile untuk rubah nama pada akun IG
  • Jika Anda memiliki lebih dari satu akun yang dikonfigurasi di aplikasi, ketuk nama akun di bagian atas layar dan pilih akun yang ingin Anda ubah.
jika punya lebih dari satu akun pastikan akun instagramnya sudah benar
jika punya lebih dari satu akun pastikan akun instagramnya sudah benar
  • Pastikan Anda memilih akun yang tepat untuk diubah.
  • Ketuk “Edit Profil.”
  • Pada halaman Edit Profil, ketuk bidang di sebelah Nama atau Nama Pengguna dan ketikkan perubahan Anda. Saat Anda siap untuk menyimpan perubahan Anda, ketuk “Selesai.”
lalu ketuk edit profile
lalu ketuk edit profile

Berikut adalah penjelasan lengkap rinci mengenai cara mengganti username dan nama paka Akun Instagram/IG pada aplikasi Instagram di Handphone

Membuka sosial media Instagram dapat dilakukan melalui ponsel, sehingga tahap pertama yang harus dilakukan adalah membuka aplikasi Instagram yang telah terinstall di ponsel pintar yang anda miliki. Pilihlah sosial media dengan ikon yang berlambangkan kamera polaroid dengan warna degradasi ungu sampai kuning. Lalu anda akan dibawa ke halaman beranda yang menampilkan berbagai postingan akun yang anda ikuti dan juga terdapat stories dari akun akun tersebut.

Langkah kedua yang harus anda lakukan untuk mengganti nama atau username akun Instagram anda adalah menekan ikon profil yang berada di pojok kanan bawah. Kemudian layar ponsel anda akan menampilkan halaman profil yang terdapat berbagai postingan. Langkah ketiga yang harus dilakukan adalah menekan tab edit profil yang berada di bawah 3 tab yang berisi informasi jumlah pengikut, yang diikuti, dan postingan.

Lalu layar ponsel akan menampilkan beberapa informasi pribadi dari pemilik akun, seperti foto profil, nama, username, website, bio dan lain sebagainya. Terkait cara ganti nama ig, anda dapat memilih tab nama atau username untuk mengganti dengan nama atau username. Kemudian ketikkan nama baru yang anda inginkan di kolom yang telah tersedia. Setelah itu, anda akan menggunakan akun tersebut dengan nama baru yang dapat diketahui oleh orang banyak nantinya.

Hal yang harus diperhatikan sebelum menyelesaikan proses ganti username ini adalah pastikan nama yang anda pilih belum digunakan oleh orang lain. Jika nama yang gunakan tersedia, maka proses ini langsung dapat anda lalui dan selesaikan dengan menekan ikon centang di pojok kanan atas. Jika nama yang anda gunakan tidak tersedia, maka akan muncul teks berwarna merah “Username is not available”. Dengan begitu, anda harus memilih nama lain sebagai pengganti.

Cara Mengubah Username Instagram Melalui PC

Jika anda tidak memiliki aplikasi Instagram di ponsel yang anda miliki, maka anda dapat menggunakan laptop terkait cara mengganti nama instagram. Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah membuka browser, google chrome, atau Mozilla firefox untuk mengunjungi situs Instagram. Ketikkan situs Instagram di kolom pencarian, sehingga anda dapat melakukan proses penggantian nama atau username dari akun Instagram yang anda miliki.

Berikut langkah-langkah singkat ganti Nama dan Username Instagram IG melalui Kumputer atau Laptop

buka website instagram
buka website instagram
  • Klik ikon akun di kanan atas layar.
Klik ikon akun di kanan atas layar
Klik ikon akun di kanan atas layar
  • Klik “Edit Profil.”
klik edit profile untuk rubah nama pada akun IG
klik edit profile untuk rubah nama pada akun IG
  • Klik di bidang Nama atau Nama Pengguna dan ketik perubahan Anda. Saat Anda siap untuk menyimpan perubahan Anda, klik “Kirim.”
klik edit profile untuk rubah user name pada akun IG instagram
klik edit profile untuk rubah user name pada akun IG instagram

Berikut adalah penjelasan lengkap rinci mengenai cara mengganti username dan nama paka Akun Instagram/IG pada aplikasi Instagram di Laptop atau Komputer/PC

Jika situs yang diinginkan sudah terbuka, layar laptop anda akan menampilkan username pengguna yang masih aktif dan kata sandi dari akun tersebut. Ketikkan dua hal tersebut pada kolom yang telah tersedia. Jika informasi yang diminta sudah benar, anda dapat menekan tombol log in di bawah kolom kata sandi. Dan anda akan masuk ke dalam akun yang sudah aktif dan yang akan diganti dengan username baru.

Layar laptop akan menampilkan beranda yang berisi postingan akun akun yang anda ikuti. Lalu untuk mengganti username yang lama dengan baru, anda harus menekan ikon foto profil yang berada di pojok kanan atas jendela dan menampilkan profil akun Instagram anda. Cara ganti nama ig dapat dilakukan dengan menekan tab edit profil yang berada di samping kanan nama pengguna dan foto profil. Di PC, tab edit profil berada di atas tab jumlah postingan, pengikut, dan yang dikuti.

Setelah menekan tombol edit profil, tampilan layar akan berubah menjadi kolom yang berisi informasi pribadi dari pemilik akun terkait, seperti nama, username, website, bio, dan lain lain. Untuk mengganti nama atau username, anda dapat mengisikan nama dan username baru di tab yang telah tersedia. Ketikkan nama atau username baru yang diinginkan dan pastikan nama tersebut belum dipakai oleh pengguna lainnya.

Nama yang telah digunakan oleh pengguna lain akan ditandai oleh situs Instagram dengan munculnya teks berwarna merah dengn tulisan “Username is not available”. Sehingga anda harus mengganti dengan username yang baru. Jika username yang anda pilih belom digunakan, maka proses penggantian nama atau username ini dapat diakhiri dengan menekan tombol submit yang ada di bagias atas halama edit profil ini. Anda sudah dapat menggunakan akun dengan username baru.

Nama atau username baru setelah mengikuti cara ganti nama ig, harus memiliki keunikan agar mudah diingat oleh para pengikut anda. Hal tersebut memudahkan para pengikut anda untuk mencari akun anda di kolom pencarian untuk menandai di sebuah postingan atau komentar pengguna lainnya. Selain unik, username yang anda pilih juga dapat berupa nama yang melambangkan diri atau karakter yang anda miliki.

Fungsi Lain

Dalam tab edit profil, berisi informasi pribadi lain dari pemilik akun Instagram tersebut. Anda juga dapat melakukan penggantian foto profil dari tab ini. Selain itu, jika anda memiliki halaman website juga dapat ditambahkan di informasi pribadi ini. Hal tersebut dapat menambah pengunjung web semakin banyak, sehingga konten yang anda tulis dalam website juga akan dibaca oleh banyak orang. Tidak hanya itu, jika konten menarik juga akan semakin banyak disebarluaskan.

Anda juga dapat membubuhkan informasi umum terkait diri sendiri, seperti pekerjaan, hobi, pendidikan, motto, dan lain sebagainya. Anda juga dapat menambahkan informasi umum lainnya, seperti alamat email, nomor telepon, jenis kelamin, dan tanggal ulang tahun. Tidak perlu khawatir karena informasi pribadi ini tidak akan diketahui oleh para pengikut anda. Terkait cara ganti nama ig, anda juga dapat mengedit infomasi ini tanpa harus mengganti nama atau username.

Saat ini, aplikasi Instagram memberikan fitur lain yang dapat dinikmati oleh penggunanya agar semakin nyaman dalam mengoperasikan aplikasi Instagram ini. Anda dapat mengubah akun anda menjadi akun bisnis atau professional dengan berbagai pilihan kategori, seperti blog pribadi, produk atau jasa, seni, kesehatan, dan lain sebagainya. Fitur ini sangat bermanfaat karena di halaman profil akan muncul alamat email atau nomor telepon, sehingga mudah dihubungi.

Hal yang Harus Diperhatikan

Nama atau username yang baru dapat berpengaruh terhadap beberapa penanda di beberapa foto atau komentar. Setelah anda mengikuti beberapa langkah yang terlah disebutkan sebelumnya terkait cara ganti nama ig, nama atau username ig akan berubah. Sehingga penanda di foto atau komentar sebelumnya tidak akan berfungsi.

Itulah langkah langkah yang dapat anda ikuti untuk mengganti nama atau username akun Instagram. Cara cara yang disebutkan dibedakan menjadi dua, antara lain melalui ponsel dan melalui PC. Kedua cara tersebut hampir mirip dan dapat diikuti dengan mudah. Selain itu, terdapat beberapa fitur lain yang dapat anda ubah dengan mudah. Anda juga telah diberi peringatan mengenai efek dari pengubahan nama atau username tersebut. Selamat mencoba!

Baca juga Artikel kami yang lain yaitu : Cara Menyembunyikan Status Online Di WA (Whatsapp) Paling Jitu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *