Banyak Yang Lupa 4 Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan Ini

0
135
views
Cara belajar efektif dan menyenangkan

Caraku.ID Pendidikan dan Produktivitas – Sistem pendidikan selalu dikembangkan untuk memperoleh cara belajar yang efektif dan menyenangkan. Jika kita menengok sejarah sebelum internet muncul, alat belajar yang kita miliki hanya buku, papan tulis, kapur, pensil, dan pulpen.

Sekarang sudah jaman serba canggih, informasi semakin mudah ditemukan, dan kapanpun bisa belajar tanpa mengenal tempat.

Bagi Teman-teman Caraku.ID yang sangat mencintai proses belajar, tentu kalian sudah paham apa manfaat yang diperoleh, dan apa dampaknya jika kita kurang tertarik untuk belajar.

Bagi kalian yang masih berada di lingkaran kemalasan, perlu Kamu pahami apa yang menggerakkan diri Kamu untuk bergegas belajar.

Oleh karena itu, Caraku.ID menyajikan informasi terkait cara belajar efektif dan menyenangkan. Semua ini dilakukan agar kualitas generasi bangsa tak kalah dengan negara lain.

Mari kita mulai..!!!

Langkah pertama dan utama dari agar bisa belajar dengan baik adalah memahami dengan  baik manfaat belajar. Tapi, banyak diantara kita terkecoh pada maksud ‘memahami’ diatas.

Memahami adalah serangkaian proses yang melibatkan mata, otak, dan perasaan. Ketiganya harus menyatukan persepsi yang sama agar bisa diterima akal sehat dan alam bawah sadar.

Ketika memahami manfaat belajar sudah benar-benar dimengerti, maka apapun yang dipelajari akan lebih mudah untuk dipahami.

Lalu muncul-lah langkah-langkah agar setiap yang kita pelajari bisa efektif dan menyenangkan. Caranya bagaimana? Simpel, jawabannya adalah: Baca, Pahami, Ajarkan, Ulangi.

Sesederhana itukah cara belajar menyenangkan? Yup. Memang benar bahwa banyak diantara kita lupa cara belajar yang efektif dan menyenangkan ini. Kemanapun Kamu berguru, ujung-ujungnya 4 proses tersebut adalah cara terbaik.

1. Mulai dengan membaca

Membaca sudah pasti menambah wawasan. Semakin sering Kamu lakukan ini, semakin banyak kosa-kata serta pengetahuan yang didapat.

Agar proses membaca lebih efektif, perlu memperhatikan poin-poin berikut ini.

Temukan tempat menyenangkan

Tempat belajar yang baik bukan harus di lokasi sepi, hening, tengah malam, atau bekerja kelompok. Kata ‘tempat menyenangkan’ bersifat personal.

Setiap orang punya defenisi tersendiri dimana tempat menyenangkan menurutnya. Seperti Saya contohnya, Saya suka membaca sambil minum kopi di kafe. Meskipun sedikit ribut, itu tidak masalah.

Tentukan topiknya

Setiap kali Kamu belajar, dibutuhkan topik khusus yang sudah dijadwalkan. Ini bertujuan agar manajemen waktu lebih efektif.

Seringkali Kita berpindah-pindah pembahasan saat membaca sebuah buku. Itu bisa dianggap sebuah kesalahan.

Lebih baik memahami bacaan meskipun sedikit, daripada banyak membaca tapi tidak ada yang dimengerti. Seperti itulah istilah sederhananya.

Fokuskan pada poin penting

Tidak semua isi buku harus Kamu pahami. Sebab bisa jadi bahasa dari buku yang Kamu baca berbeda dengan cara penyampaian Kamu.

Solusinya, ambil poin penting saja lalu persiapkan untuk disampaikan ke orang lain. Itu bisa teman sekelas, keluarga, sahabat, bahkan dalam bentuk rekaman audio sekalipun.

Setiap orang lahir memiliki kesempatan yang sama untuk berhasil. yang membedakan adalah cara didik dan kesadaran personal. Namun keduanya masih bisa diperbaiki.

Paragraf singkat diatas bisa kita simpulkan bahwa “semua orang bisa berhasil asalkan bisa memperbaiki kesalahan.”

2. Pahami bacaan

Robot, mesin google, komputer, dan seluruh ciptaan manusia hanya mampu membaca, dan tidak bisa memahami. Kelebihan Kita yaitu bisa memahami apa yang dilihat dan dirasakan.

Hari ini Kamu menyebut 100 = 50 + 50, besok 200 – 100, selanjutnya 500 – 400. Artinya, kamu ingin menyampaikan sebuah pesan, tetapi setiap hari disampaikan dengan cara berbeda tanpa disadari.

Maksud lain dari yang diatas adalah ‘jangan menghapal‘. Jika Kamu belum mengerti, cobalah untuk mengulangi beberapa kali.

Sebaiknya pertimbangkan untuk memilih tempat yang nyaman. Seperti contoh, Kamu lebih mudah mengerti jika mendengar daripada membaca. Maka cobalah bekerja kelompok.

3. Share ilmu ke orang lain

Rumus ilmu pengetahuan berbanding terbalik dengan ilmu mate-matika. Ilmu pengetahuan yang diberikan ke orang lain akan membuat pemberi semakin kaya akan ilmu.

Semakin Kamu ajarkan, semakin melekat di ingatan. Dan bagian ini mengambil peran sangat penting dalam mencapai efektivitas belajar.

Ketika kamu membagikan ilmu ke orang lain, manfaat yang diperoleh bisa diantaranya:

  • Kemampuan publik speaking meningkat
  • Kosa kata pelafalan bertambah
  • Belajar secara alami
  • Rasa percaya diri bertambah
  • Orang lain semakin membutuhkan Kamu
  • Naluri mendorong untuk terus belajar
  • dan masih banyak lagi lainnya

4. Ulangi lebih banyak

Seperti pepatah; sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Mengulangi rangkaian proses belajar agar lebih efektif dan menyenangkan yaitu “membaca, memahami, mengajarkan” akan membuat ilmu kamu bertambah semakin banyak.

Dan tidak mengherankan jika suatu saat Kamu bisa dikatakan seorang yang ahli dalam bidang tertentu, sebab selalu mengulangi serangkaian proses.

Cara ke-empat ini juga mengajarkan kita bagaimana menjadi orang dermawan, rendah hati, tidak egois, dan pantang menyerah.

Didukung alat bantu internet yang saat ini semakin memudahkan kita, maka efektivitas dan cara belajar menyenangkan bisa semakin mudah Kamu temukan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here