Kategori
Resep dan Kuliner

Bingung Bikin Camilan? Begini Cara Bikin Martabak Mini yang Enak

Martabak merupakan salah satu jenis camilan yang menggunakan bahan utama telur dan tepung terigu. Kudapan ini memiliki rasa yang manis dan biasanya memiliki beberapa varian toping. Martabak biasanya dijual di pinggir jalan dengan menggunakan gerobak. Namun, kamu bisa menikmati martabak mini dengan membuatnya sendiri di rumah. Berikut ini cara bikin martabak mini yang enak dan lezat.

Cara Mudah Bikin Martabak Mini untuk Camilan

1. Martabak Mini Isi Selai Kacang

Martabak yang satu ini menggunakan bahan kacang tanah, gula pasir dan meses sebagai topingnya. Cara membuatnya cukup mudah dengan bahan yang dibutuhkan yaitu 200 gram tepung terigu, 300 mililiter santan yang sebelumnya sudah dihangatkan, 2 butir telur, 1 sendok makan ragi, dan 1/4 sendok teh soda kue. Sedangkan bahan toping terdiri dari 50 gram kacang tanah yang sudah disangrai, 50 gram coklat meses, 50 gram wijen, serta 50 mililiter susu.

Martabak Mini Isi Selai Kacang
Martabak Mini Isi Selai Kacang

Langkah pertama yaitu masukkan ragi ke dalam santan yang hangat kemudian aduk hingga ragi menjadi larut serta terbentuk buih dan sisihkan. Selanjutnya campur tepung terigu dan gula serta telur kemudian tambahkan santan dan aduk hingga semuanya larut. Setelah itu masukkan soda kue, selanjutnya masak adonan tersebut di atas teflon dan tunggu sampai berbentuk seperi jaring. Jika sudah matang dan permukaan belummengering, taburi toping di atasnya.

2. Martabak Mini Tanpa Mixer

Resep ini sangat cocok bagi kamu yang tidak memiliki mixer. Sebelumnya siapkan bahan terlebih dahulu yaitu 200 gram tepung terig, 2 sendok makan gula pasir, 2 butir telur, 50 gram tapioka, serta 2-3 sendok makan margarin. Selain itu, kamu juga membutuhkan 1 sendok teh ragi instan, baking powder, dan 300 mililiter air. Untuk toping yang diberikan bisa menyesuikan selera, seperti meses, keju maupun kacang.

Cara bikin martabak mini tanpa mixer yaitu dengan mencampurkan beberapa diantaranya, gula, garam, dan ragi. Selanjutnya kocok bahan bahan tersebut hingga gulanya menjadi rata dan larut. Kemudian tambahkan tepung terigu dan tapioka serta air sambil mengaduknya hingga semua bahan tercampur. Selanjutnya, masukkan mentaga cair kemudian aduk dan diamkan sampai 15 menit. Lalu, tambahkan baking powder dan aduk bersama adonan.

Selanjutnya masukkan adonan tersebut ke dalam cetakan martabak mini atau teflon kemudian isi hingga setengah. Selanjutnya tunggu sampai membentuk pori pori dan tutup. Kemudian, buka cetakan dan angkat jika adonan sudah berubah warna menjadi kecoklatan. Setelah itu, kamu bisa menambahkan toping sesuai selera saat permukaan masih basah.

3. Martabak Mini Manis Tanpa Ragi

Martabak ini sangat cocok untuk kamu yang tidak mengingkan ragi sehingga lebih sehat. Caranya yaitu dengan menyediakan beberapa bahan diantaranya 500 terigu protein sedang, 750 mililiter air, 50 gram gula pasir, 1 butir telur, 1 sendok teh garam, 1 sendok teh soda kue. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan mentega untuk olasan dan meses sebagai topingnya.

Martabak Mini
Martabak Mini

Untuk resep ini, cara bikin martabak mini yaitu mencampurkan bahan menjadi satu kecuali soda kue. Selanjutnya mendiamkan adonan hingga 1 jam. Kemudian masukkan soda kue sebelum adonan dicetak, lalu masukkan adunan ke dalam cetakan. Di sini, kamu bisa menggunakan cetakan lupur lalu masak hingga membetuk seperti pori. Selanjutnya,  keluarkan dari cetakan dan beri olesan mentega dan aburi dengan toping meses. Camilan martabak mini siap dinikmati.

4. Martabak Mini Rasa Green Tea

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk martabak mini adalah 250 gram tepung terigu yang berprotein sedang, 1 sendok makan susu bubuk fullcream, ¼ sendok teh garam, ¼ sendok teh vanili bubuk, 300 mililiter air mineral, 1 sendok makan bubuk greentea, ½ sendok teh ragi. Selain itu, kamu juga membutuhan 3 butir telur, 3 sendok makan gula pasir, ¾ sendok teh soda kue serta 2,5 sendok makan margarin. Sedangkan toping yang digunakan menyesuaikan selera.

Martabak Mini Rasa Green Tea
Martabak Mini Rasa Green Tea

Pertama tama campurkan semua bahan menjadi satu, diantaranya yaitu terigu, susu bubuk, baking powder, garam, gula pasir, dan vanila bubuk. Selanjutnya tambahkan sedikit air dan aduk sampai merata. Kemudian saring adonan untuk menghindari bubuk greentea yang tidak rata. Selanjutnya tambahkan ragi dan diamkan hingga 45 menit. Lalu cara bikin martabak mini selanjutnya, yaitu dengan mengocok telur yang sudah ditambahkan gula pasir sampai merata.

Selanjutnya lelehkan margarin dan siapkan toping berupa parutan keju da potongan kismis. Setelah sampai 45 menit maka tambahkan kocokan telur tadi ke dalam adonan dan aduk sampai merata. Kemudian masukkan soda kue beserta margarin ke dalam adonan tersebut dan aduk kembali. Masak di atas teflon dan tunggu sampai membentuk rongga. Lalu, keluarkan dari cetakan dan oleskan dengan margarin, lalu taburi dengan toping.

5. Martabak Mini Red Velvet

Jika kamu menginginkan martabak mini dengan warna merah yang lebih unik, kamu bisa menggunakan resep martabak mini red velvet. Bahan bahan yang digunakan untuk membuatnya yaitu 100 gram tepung terigu, 100 gram tepung terigu protein tinggi, 50 gram gula halus , 5 gram susu bubuk, ½  sendok makan baking soda, ½ sendok teh cuka, ½ sendok teh baking powder serta 300 mililiter air.

Bahan bahan lainya yaitu 5 gram coklat bubuk, gula pasir, mertega seta toping yang berupa parutan keju, roti oreo yang sebelumnya sudah dihancurkan, kacang mede, dan susu kental manis. Langkah pertama cara bikin martabak mini red velvet yaitu dengan mencampurkan bahan yaitu toping, baking soda dan cuka ke dalam wadah kering. Lalu,  masukkan bahan bahan lain di wadah yang terpisah dan tambahkan dengan air dan pewarna merah.

Martabak Mini Red Velvet
Martabak Mini Red Velvet

Kemudian campur semuanya agar menjadi rata dan tambahkan baking soda serta cuka ke dalam adonan lalu aduk sampai tercampur kemudian diamkan hingga 20 menit. Adonan yang sudah jadi bisa anda masak di atas teflon hingga mngeluarkan gelembung. Dan tambahkan gula pair di atasnya lalu tutup. Jika sudah matang, angkat dan olesi dengan margarin dan taburi dengan toping.

6. Martabak Rainbow

Martabak ini memiliki warna yang unik seperti pelang. Cara membuatnya yaitu dengan menyiapkan bahan bahan seperti 250 gram tepung terigu, 2 sendok makan gula pasir, 1 butir telur, 2/3 sendok makan margarin, 500 mililiter susu cair, pewarna makanan yang terdiri dari kuning, merah mua, hijau unggu, ungu dan biru tua.

Martabak Rainbow
Martabak Rainbow

Cara membuatnya yaitu dengan mencampur semua bahan yang kering, kemudian menambahkan dengan telur dan lelehan mertega, kemudian masukkan susu cair secara perlahan dan bagi adonan menjadi 5 bagian dan berikan warna masing masing. Masak seperti cara bikin martabak mini pada umumnya, kemudian berikan toping sesuai selera.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu ocba untuk membuat martabak mini yang enak. Kamu bisa menambahkan topng sesuai dengan selera mulai dari meses hingga parutan keju. Martabak mini memang lebih banyak disukai karena memiliki ukuran yang lebih kecil sehingga tidak terlalu mengenyangkan di perut. Selain itu, cara membuat martabak mini jua tergolong lebih mudah.

Baca juga resep makanan terenak lainnya yaitu:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *