7 Cara Menggunakan Kartu Kredit Bebas Dari Hutang

0
97
views
Cara menggunakan kartu kredit bebas dari hutang

Apakah Anda sedang mengalami hutang kartu kredit? Apakah tagihan kartu kredit mulai membebani kehidupan Anda? Tak perlu risau sebab jutaan orang di dunia ini mengalami hal yang sama. Hanya yang membedakan yaitu cara menggunakan kartu kredit yang bijak dan cermat sehingga bebas dari hutang.

Punya hutang di bank sudah pasti menakutkan. Anda tak ingin aset kekayaan dilelang hanya karena ceroboh dalam menggunakan kartu kredit. Tak ada senjata khusus termasuk sihir yang bisa melunasi kartu kredit.

Anda hanya perlu mempersenjatai diri dengan pengetahuan lalu menerapkan setiap langkah dengan bijak terkait penggunaan kartu kredit.

Sebelum berlanjut ke pokok inti, saya ingin menceritakan pengalaman menggunakan kartu kredit

“Saya menggunakan kartu kredit sejak kuliah semester akhir. Kartu tersebut bukan karena hadiah dari orang tua, melainkan itu ditawarkan oleh bank sebab melihat transaksi di rekening saya memenuhi syarat punya kartu kredit.

Selama memegang kartu kredit sampai sekarang, saya tidak mempunyai pekerjaan tetap. Saya hanya pekerja freelance dan juga jualan online yang penghasilan masih terbatas. Penggunaan kartu itu selalu mendekati batas limit.

Setiap bulan saya harus membayar sejumlah uang yang menurut saya itu tidak kecil. Dan kabar baiknya, sampai sekarang status saya masih menjadi nasabah yang mempunyai riwayat pembayaran yang lancar.”

Apa yang beda dari cara menggunakan kartu kredit sampai utang tetap terbayar setiap jatuh tempo tiba? Simak terus untuk mendapatkan jawabannya.

Berikut langkah-langkah yang bisa Anda tempuh agar kartu kredit tidak menjadi beban di kehidupan sehingga Anda terbebas dari hutang.

1. Berikan batas penggunaan setiap bulan

Berapapun gaji atau pendapatan bersih bulanan Anda, penting untuk mengatur pengeluaran. Kartu kredit harus dibatasi agar tidak terjadi pembayaran yang mengejutkan di akhir bulan.

Buatlah komitmen agar Anda bisa mematuhi rambu-rambu yang sudah dibuat tadi. Jika memungkinkan, pakailah maksimal 30% dari total pendapatan untuk belanja pakai kartu kredit.

2. Gunakan kartu kredit dengan cermat

Belanja dengan kartu kredit sangat berbeda dengan menggunakan uang tunai. Anda akan sangat boros jika pakai kartu. Mungkin karena tidak melihat uang yang Anda belanjakan menjadi alasan.

Sebagaimana fungsi kartu kredit yaitu alat untuk memudahkan pembayaran. Maka gunakanlah berdasarkan fungsi tadi. Membeli barang berdasarkan keinginan sebaiknya Anda hindari.

Pastikan produk yang Anda beli pakai kartu kredit memang betul-betul Anda butuhkan.

3. Pilih pembayaran auto cicilan

Namanya juga kartu kredit, ya harus dicicil. Jika memang Anda sudah menyiapkan uang untuk pembayaran tagihan full, itu tidak masalah. Namun berdasarkan pengalaman, pembayaran cicilan jauh lebih ringan.

Saat ini sudah banyak merchant yang menerapkan auto cicilan 0%. Itu adalah kesempatan bagus bagi pemilik kartu kredit. Bagaimana tidak, Anda meminjam uang di bank dalam waktu lama, dan tidak dikenakan bunga sama sekali.

4. Belanja produk penggunaan jangka panjang

Produk yang dimaksud adalah barang-barang yang sifatnya tidak habis pakai. Ini bisa perabot rumah seperti elektronik rumah tangga, kendaraan, atau produk untuk dijual kembali.

Sebaiknya hindari menggunakan kartu kredit jika dalam bentuk barang habis pakai, Misalnya belanja di supermarket. Terkecuali Anda benar-benar lupa membawa uang tunai. Produk habis pakai akan terasa berat kedepannya apabila Anda bayar dalam bentuk cicilan.

5. Belanja produk untuk bisnis

Jika Anda pegang kartu kredit dan sedang menjalankan bisnis, sangat baik bila limit tersebut Anda gunakan untuk usaha. Bagaimana tidak, Anda tidak harus menggunakan uang kas untuk berbelanja.

Hasil penjualan nantinya bisa digunakan membayar tagihan. Dan jika perputaran bisnis Anda berjalan dengan baik, Anda bisa besar dengan memanfaatkan modal dari kartu kredit tadi.

6. Jangan gunakan pembayaran minimum

Pembayaran minimum akan mengharuskan Anda nantinya membayar bunga. Bunga ini akan meningkat setiap bulannya apabila Anda tetap bertahan memakai pembayaran minimum.

Jika transaksi Anda bukan auto cicilan, Anda bisa menghubungi penyedia bank untuk mengalihkan ke kredit. Namun biasanya bank akan meminta sejumlah bunga berdasarkan lama cicilan yang Anda pilih.

7. Gunakan dua kartu kredit dari bank berbeda

Sebenarnya lebih baik jika Anda punya satu kartu kredit dengan limit besar, dibandingkan dua kartu yang apabila dijumlah, limitnya sama dengan satu kartu.

Namun ini bertujuan untuk mengantisipasi dikemudian hari apabila Anda kehabisan uang untuk pembayaran tagihan. Anda bisa membuat gestun untuk menutupi tagihan pertama.

Cara nomor 7 ini sebenarnya kurang efektif, sebab kedepannya Anda akan dibebani dengan iuran tahunan. Namun sekali lagi, tujuannya untuk mengantisipasi ketika Anda kehabisan dana.

Jika Anda menganggap itu tidak akan terjadi, atau bisa meminjam tunai dari kerabat, sebaiknya lupakan cara ini.

Mempunyai kartu kredit benar-benar membantu pemegang apabila mereka menggunakan dengan bijak dan cermat. Demikian 7 Cara Menggunakan Kartu Kredit Bebas Dari Hutang dari Caraku.ID. Gunakanlah kartu kredit hanya untuk kebutuhan dan bisnis, bukan karena keinginan atau gaya-gayaan.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here