3 Cara Praktis Biar Lokasi Tidak Dilacak Google Maps

0
84
views

Caraku.ID Teknologi Internet – Raksasa google bisa melacak lokasi pengguna smartphone kapan saja. Melalui layanan aplikasi Google Maps, Kita semakin dimudahkan mencari titik lokasi di seluruh dunia.

Data terbaru yang disebutkan tomsguide.com menujukkan bahwa google tetap melacak pengguna sekalipun ijin pelacakan lokasi sudah nonaktif.

Pelacakan tersebut bukan karena Google Maps tidak aktif, tetapi ijin aplikasi, cuaca, hingga riwayat penelusuran berhasil terbaca. Imbasnya lokasi Kamu tetp terbaca.

Agar keseluruhan aplikasi di smartphone Kamu berhenti melacak lokasi, berikut cara menghentikan pelacakan lokasi dari google.

1. Matikan riwayat lokasi

Cara termudah untuk melakukannya adalah dari komputer. Tetapi dengan asumsi Kamu membaca tutorial anti pelacakan lokasi ini di ponsel, begini cara melakukannya.

Pertama, buka menu Pengaturan ponsel, kemudian temukan di mana daftar informasi tentang akun Google. (Ini sedikit berbeda tergantung apakah Kamu menggunakan perangkat Android atau iOS, tetapi langkah inti hampir sama.)

Mengontrol riwayat lokasi ponsel

Setelah menemukan Akun Google, pilih menu “info, keamanan dan personalisasi”. Lalu cari menu “kontrol aktivitas, dan pilih “riwayat lokasi”. Matikan opsi tersebut dan konfirmasi.

menghentikan pelacakan lokasi di smartphone

2. Menghapus riwayat lokasi

Ini merupakan cara opsional, namun sangat membantu tingkatkan anti lacak ponsel. Berikut cara menghapus riwayat lokasi di smartphone.

Buka aplikasi maps, dan temukan pengaturan lokasi (3 titik vertikal sudut atas).

hapus riwayat lokasi

Bersihkan semua riwayat lokasi Kamu, termasuk rentang riwayat lokasi.

3. Nonaktifkan melalui web dan aplikasi

Google menandai lokasi Kamu setiap saat, dan kabar baiknya adalah Kamu bisa menonaktifkan semua layanan tersebut dengan mudah.

Menghapus riwayat lokasi di web dan aplikasi

Kunjungi “aktivitas saya” di halaman google, lalu pilih opsi Kontrol aktivitas di sidebar.

Nonaktikan riwayat lokasi di web dan aplikasi

Web & Aktivitas Aplikasi akan menjadi opsi pertama yang Kamu lihat. Cukup klik tombol toggle untuk menonaktifkannya.

Sekarang ponsel Kamu aman dari pelacakan google maps.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here